Foto Keren Yang Menjuarai Kompetisi iPhone Photography Awards

iPhone menjadi salah satu produk smartphone yang paling terkenal di dunia. Salah satu kelebihan yang ada pada iPhone terletak pada kameranya. Berbeda dengan kamera kompetitor lainnya yang memberikan gambar yang terlalu “berlebihan” baik dalam segi warna ataupun exposure, kamera pada iPhone tampil apa adanya dengan menangkap gambar seperti yang dilihat oleh mata kita.

Apple sendiri sadar betul akan kelebihan kamera ini. Setiap tahunnya Apple mengadakan sebuah kompetisi untuk memberikan penghargaan kepada para pengguna iPhone, tentunya di bidang fotografi dengan mengadakan iPhone Photographt Award ( IPPAWARD ). Hingga saat ini sudah ada 11 kompetisi yang diadakan.

Ajang bergengsi ini sudah diperkenalkan ke publik sejak pertama kali iPhone diluncurkan. Dalam kompetisi ini, peserta hanya diperbolehkan menggunakan kamera dari iDevice saja tanpa boleh melakukan editing menggunakan aplikasi third party seperti Photoshop ataupun aplikasi edit lainnya.

Di tahun 2018 ini, ada satu foto yang paling mendapatkan perhatian, yakni foto yang berhasil diabadikan oleh Alexandre Weber yang berasal dari Swiss. Dalam foto yang ia ambil, terlihat seorang wanita asal Brasil yang mengenakan pakaian putih dengan bawahan kuning yang sangat cerah. Foto tersebut diambil menggunakan iPhone 6S dan diambil di Salvador de Bahia, Brasil. Foto tersebut menjadi juara pertama dalam kompetisi IPPAWARD 2018. Berikut ini penampakan fotonya:

Alexandre Weber, 1st Place Photographer of the Year

 

Peringkat kedua diraih oleh fotografer China melalui sebuah foto yang berjudul Eye to Eye. Dimana dalam foto tersebut terlihat seorang anak yang sedang berendam di sebuah sungai. Sang anak yang ada di foto sedang memegang seekor ikan yang didekatkan ke arah matanya sehingga mata ikan menjadi seperti “mata” dari anak tersebut. Foto ini diabadikan oleh Huapeng Zhao dan menjadi pemenang kedua dalam kompetisi IPPAWARD 2018. Berikut ini penampakan fotonya:

Huapeng Zhao2nd Place Photographer of the Year

 

Untuk peringkat ketiga dimenangkan oleh Zarny Myo Win yang mengabadikan foto seorang anak difabel. Anak ini hanya memiliki satu kaki dan hanya diam melihat temannya yang sedang asyik bermain sepakbola ditengah lapangan berlumpur. Foto ini diberi judul “I Want To Play”. Foto ini memiliki arti yang begitu mendalam sehingga dinobatkan sebagai juara ketiga. Berikut penampakan fotonya:

 

Selain itu masih ada satu foto yang dinobatkan sebagai foto yang paling difavoritkan, yaitu foto yang diambil oleh Jashim Salam. Foto ini menggambarkan kegiatan sekelompok orang “terbuang” di Bangladesh. Foto ini diambil di Ukhiya, Bangladesh dengan menggunakan kamera dari iPhone 7. Berikut penampakannya: