Apakah iPhone 6 Masih Layak Dibeli Di Tahun 2018 ?

Produk keluaran Apple memang selalu merajai dunia smartphone dunia. Salah satu produk Apple yang muncul di tahun 2014 silam adalah iPhone 6. Pertanyaannya, apakah iPhone 6 masih layak dibeli untuk tahun 2018 ini ?

Sebelum kita bahas lebih dalam lagi, iPhone 6 saat ini sudah tidak diproduksi lagi oleh Apple. Tetapi masih banyak penjual yang menjualnya dalam kondisi baru, perlu kalian ketahui, iPhone 6 yang dijual dalam kondisi tersegel itu sudah dipastikan rekondisi atau refurbish. Untuk harganya sendiri berkisar antara 3 juta hingga 4 juta rupiah tergantung kapasitas memori yang dibawa.

Baik kita kembali ke topik, apakah layak ? Jika dibilang layak atau tidak sebenarnya relatif. Jika kalian adalah pengguna yang hanya berfokus pada penggunaan media sosial ataupun bermain game ringan, mungkin smartphone ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Tetapi beda lagi ceritanya jika kalian adalah pengguna berat dimana membutuhkan smartphone dengan performa yang apik, tentunya smartphone ini tidak boleh kalian pilih, mengapa ?

 

Gambar terkait

 

Pertama, performa yang ada pada iPhone 6 tentu sudah menurun. Hal ini dikarenakan iPhone 6 hanya menggunakan RAM sebesar 1 GB serta masih menggunakan chipset lawas yakni A8. Selain itu perkembangan OS yang dilakukan oleh Apple akan memberikan beban tersendiri untuk smartphone lawas mereka. Memang sih iPhone 6 masih akan mendapatkan update hingga OS 12 atau 13 ( mungkin ). Tetapi smartphone kalian akan semakin lemot untuk menjalankan aplikasi.

Kedua, smartphone ini juga tidak bisa memainkan game dengan grafis tinggi. Game-game yang diluncurkan tahun ini rata-rata sudah menggunakan unreal engine 4 dimana grafis yang disajikan sangat tajam. Sayangnya iPhone 6 sudah tidak kuat untuk menjalankan program tersebut. Jika kalian paksakan, maka akan terjadi frame drop. Jika hanya bermain game ringan seperti Mobile Legend masih dapat dilakukan menggunakan iPhone 6.

Baterai yang ada pada smartphone ini juga tergolong kecil sehingga kalian harus ekstra hati-hati dalam penggunaannya. Kalian harus tetap standby membawa charger ataupun powerbank untuk menghindari baterai habis.

Kesimpulannya: iPhone 6 masih layak dibeli jika kalian bukan kriteria pengguna yang ingin bermain game berat ataupun membutuhkan kamera yang spektakuler, tetapi jika hal tersebut bukan menjadi masalah bagi kalian, maka kalian boleh membeli smartphone ini.