Nokia 1 – Smartphone Entry Level Dengan Android Go Terbaru

Pihak HMD Global secara resmi telah memperkenalkan smartphone terbaru sekaligus termurahnya yakni Nokia 1. Smartphone yang satu ini datang dengan Android 8.1 Oreo Go Edition. Harga jualnya juga cukup terjangkau dan ditargetkan untuk pasar menengah kebawah. Perlu menjadi catatan, smartphone ini tidak membawa banyak fitur yang menarik, satu-satunya fitur yang menonjol hanyalah Android Go yang dibawa.

Nokia 1 merupakan smartphone yang sangat minimalis. Meskipun begitu, HMD Global menjual produk ini dengan penuh percaya diri. Berkat dukungan Android Go, kemungkinan besar smartphone ini juga akan mendapatkan pembaharuan Android 9 Pie.

Namun perlu menjadi catatan, hardware yang dibawa oleh smartphone ini sangat rendah. Nokia 1 hanya hadir dengan chipset MediaTek MT6737M Quad-core 1,1 GHz yang didukung dengan RAM sebesar 1 GB dan storage sebesar 8GB. Meski kecil, Nokia 1 masih bisa diekspansi dengan MicroSD hingga 128GB.

Nokia 1 Android Go

Untuk sektor kameranya sendiri juga tidak bisa dibanggakan. HMD Global hanya membenamkan kamera utama dengan resolusi 5MP dan kamera selfie sebesar 2MP. Jangan berharap banyak dari kamera ini karena resolusinya yang cukup kecil. Namun untuk aktivitas sehari-hari, smartphone ini masih layak untuk digunakan.

Bagi kalian yang senang bermain game dan menjalankan aplikasi yang berat, sangat tidak disarankan untuk membeli smartphone ini. Pasalnya smartphone ini akan kewalahan dalam menjalankan aplikasi yang ingin kalian mainkan. Misalnya saja game Mobile Legends, untuk settingan low saja smartphone ini masih kewalahan untuk menjalankannya, dimana terjadi penurunan FPS yang cukup signifikan.

Untuk harganya sendiri, HMD Global mematoknya di angka Rp 999.000. Ada dua pilihan warna yang dapat dipilih, yakni warm red dan juga dark blue. Smartphone ini sudah tersedia di toko sejak tanggal 15 Agustus lalu.