Ingin Beli Gadget Black Market ? Pikir Lagi Deh !

Bagi sebagian orang yang memiliki budget terbatas, biasanya mereka akan memutuskan untuk membeli barang black market karena harga yang ditawarkan jauh lebih murah ketimbang garansi resmi. Namun bagi kalian yang ingin membeli barang black market, mendingan pikir sekali lagi deh ! Mengapa ?

Pertama sudah tentu masalah garansi. Barang black market tidak memiliki garansi resmi. Itu berarti jika gadget yang dibeli mengalami masalah, kalian akan perlu memperbaikinya sendiri. Sangat berbeda dengan garansi resmi dimana kalian bisa mengklaim proses garansi secara gratis sesuai dengan ketentuan dari garansi itu sendiri.

Kedua adalah masalah bundling. Terkadang gadget black market yang dijual merupakan barang bekas luar negeri yang sudah terbundling dengan sim card dari negara asalnya. Jika memang terbundling, kalian tidak akan bisa mengganti sim card sehingga kalian perlu menggunakan R Sim. Hal ini tentu membuat harga jual smartphone menjadi turun. Selain itu, R Sim juga tidak mendukung konektivitas 4G.

Ketiga, jangan harap barang yang kalian punya akan diterima oleh service center asli. Pasalnya, service center resmi tidak akan menerima perbaikan untuk produk gadget black market. Jadi mendingan pikirin lagi deh kalau mau beli !

Keempat, banyak produk palsu yang dijual. Jika kalian ingin membeli produk black market, jangan kecewa ya jika barang yang datang ternyata replika. Memang tidak semua penjual itu nakal, namun tidak sedikit juga yang menjual barang replika. Jadi sebelum membeli barang black market, lebih baik kalian pikir-pikir dulu daripada menyesal kemudian.