Hidup Jangan Terlalu Kaku, Nikmati Saja Iramanya

Menerima Kenyataan Memang Tidaklah Mudah Tapi Itu Bisa Membuatmu Tenang

Banyak orang yang terlalu kaku menjalani hidup. Terlalu menganggap semua terlalu serius, menanggapi semua dengan kaku. Sehingga hidup terasa berat dan tertekan. Sehingga banyak sekali orang stres, orang menjadi gila bahkan sampai bunuh diri karena kerumitan yang mereka ciptakan sendiri di dalam hidup. Dan semua itu kita yang kontrol. Kita yang memegang kendali akan hidup kita. Jadi kalau kita sendiri membuatnya rumit. Maka itu bukan salah dari dunia atau orang lain. Tapi itu masalah kita, urusan kita. Karena kita sendiri yang menciptakan kerumitannya. 

Hidup Jangan Terlalu Kaku, Nikmati Saja Iramanya

Orang banyak merasa berat dan mengeluhkan hidup mereka sangat rumit. Hidup mereka sangat berat, seperti masalah yang ada tidak pernah ada habisnya. Dan rasanya kita memang terlahir untuk masalah. Semua terlalu buruk. Dan membuat kita menjadi trauma akan kehidupan. Menjadi trauma akan orang-orang. Sehingga banyak orang menjadi introvert, menjadi pemurung, pendiam, dan menjadi penyendiri, karena semua kerumitan yang mereka ciptakan sendiri di dalam kepala. 

Sebelum kita mengeluhkan hidup kita, sebelum kita menyalahkan hidup kita yang terlalu berat dan menyalahkan dunia akan beratnya hidup kita. Kita juga perlu berpikir, di dunia ini tidak hanya ada kita. Masih ada orang lain. Sehingga yang memiliki masalah di dunia ini tidak hanya kita. Tapi banyak orang. Semua orang memiliki masalahnya sendiri. Bahkan banyak di antaranya memiliki masalah lebih rumit jauh dari kita. Tapi mereka masih bisa bertahan. Mereka masih bisa tersenyum, dan bangkit aktif dan produktif.

Kenapa ktia harus bersedih dan berlarut akan masalah yang kita hadapi. Berat tidaknya suatu masalah itu ditentukan dari bagaimana cara berpikir kita. Itu semua tercipta dari mindset kita. Jika kita berpikir itu berat, maka itu akan terasa berat. Tapi kalau kita menganggap ini semua bisa dilalui, maka semua akan bisa dilalui. Jangan kaku, jangan terlalu serius. Nikmati irama dan ritme dari hidup. Kadang ototmu perlu dikendorkan juga. Jangan terlalu tegang. Agar anda bisa melihat semua dengan kepala dingin.