Menerima Kenyataan Memang Tidaklah Mudah Tapi Itu Bisa Membuatmu Tenang

Menerima Kenyataan Memang Tidaklah Mudah Tapi Itu Bisa Membuatmu Tenang

Banyak orang merasa hidup tidak adil, merasa kenapa hidup begitu kejam. Kenapa hidup ini berat sebelah. Dimana orang yang memiliki kedudukan, memiliki jabatan, memiliki harta, itu selalu dilindungi. Selalu mendapatkan privilege, berbeda dengan orang-orang yang memiliki status sosial yang rendah. Dan bukan siapa-siapa, rasanya tidak ada harapan. Banyak orang berpikir begitu. Sehingga berpikir, orang yang dibawah, tidak akan pernah mendapatkan panggung untuk bersuara atau berkarya. Karena terhalang dengan banyaknya orang-orang yang ada di atas mereka.  

Menerima Kenyataan Memang Tidaklah Mudah Tapi Itu Bisa Membuatmu Tenang

Ada juga orang yang mengeluhkan kenapa harus saya yang mengalami kejadian ini, kenapa saya yang harus mengalami masalah ini. Kenapa hidup saya rasanya semua masalah yang ada. Rasanya tidak kuat, orang lain memang memiliki masalah juga, tapi dengan usiaku sekarang, rasanya harusnya tidak mengalami masalah seberat ini. Seperti masih usia muda, tapi masalah yang dihadapinya seperti masalah orang yang berusia 40-an. Memang banyak sekali orang yang merasakan seperti itu. Dan itu wajar saja. 

Ya namanya hidup, setiap orang memiliki jalannya sendiri, memiliki alurnya yang berbeda. Kita hanya bisa menikmati alur kita, dan lakukan yang terbaik. Tapi percayalah tidak ada masalah yang akan melampaui kekuatanmu. Mungkin kita merasa sudah tidak kuat, sudah berada di ujung. Yang sampai berpikir untuk bunuh diri. Tapi itu hanya sebatas pikiran kita. Ujung-ujungnya, toh kita bisa melewati juga. Karena Tuhan akan memberikan masalah, tantangan yang sesuai dengan kemampuan kita. 

Ada satu cara untuk kita bisa merasa kuat dan lebih tenang dalam menjalani hidup dengan setumpuk masalah yang ada. Yaitu, dengan menerima kenyataan. Kita belajar menerima kenyataan yang ada. Hadapi kenyataan, dan terima itu. Jika kita sudah bisa menerima, dan berdamai dengan diri sendiri, itu akan membuatmu lebih tenang dan lebih kuat dalam menghadapi masalah-masalahmu yang selanjutnya. Dan itu terbukti. Jika kalian tidak percaya, cobalah untuk melakukannya. Dan rasakan hasilnya seperti apa.